Kamis, 10 Januari 2013

Mengenal ARM Cortex M3

Setelah anda mempelajari arsitektur ARM, kini saatnya mengenal berbagai jenis keluarga mikroprosesor ARM. Mikroprosesor ARM mempunyai beberapa jenis/ tipe untuk menjangkau berbagai aplikasi.


Jenis/tipe mikroprosesor ARM dibagi menjadi 3 yaitu:
  1. Classic ARM Processors
  2. ARM klasik adalah keluarga ARM prosesor yang pertama kali dirilis oleh ARM Ltd (sekarang ARM). Prosesor ARM klasik ideal untuk pengguna yang ingin menggunakan teknologi telah teruji di pasar. Prosesor­prosesor ini telah digunakan untuk berbagai macam produk elektronik selama     bertahun­-tahun. Desainer produk elektronik yang memilih prosesor­prosesor ini dijamin mempunyai         dukungan ekosistem dan sumber daya yang luas, tingkat kesulitan integrasi yang minimum, dan         menurunkan waktu desain. Dalam ARM klasik terdiri dari ARM 7, ARM9, ARM 11.

  3. Embedded Cortex Processors
  4. Prosesor di keluarga seri Cortex­-M telah dikembangkan khusus untuk domain mikrokontroler, dimana permintaan untuk kecepatan, determinasi waktu proses, dan manajemen interrupt bersama dengan jumlah gate silikon minimum (luas silikon yang minimum menentukan harga akhir prosesor) dan konsumsi daya yang minimum sangat diminati. Contoh aplikasi prosesor Cortex­-M adalah mikrokontroller dan sensor cerdas.
    Prosesor di keluarga seri Cortex-­R, sebaliknya, dikembangkan khusus untuk keperluan real­time yang mendalam, dimana kebutuhan konsumsi daya minimum dan sifat interrupt yang terprediksi diimbangi dengan performa yang luar biasa dan kompatibilitas yang kuat dengan platform yang telah ada. Contoh aplikasi prosesor Cortex-­R adalah ABS (Automotive Braking Systems), kontroler elektronik roda gigi, hidrolik, dan mesin otomotif.Dalam ARM Embedded terdiri dari Cortex M0, Cortex M1, Cortex M3, dan Cortex R4.



  5. Application Cortex Processors
  6. Prosesor jenis ini dikembangkan untuk aplikasi yang membutuhkan daya komputasi yang tinggi (frekuensi prosesing rata-­rata 2GHz), seperti netbook, mobile internet devices, smartphone, dan lain-­lain.Dalam ARM application terdiri dari Cortex A5, Cortex A8, Cortex A9.
    Setelah kita mengetahui berbagai jenis dari keluarga ARM , maka kita dengan mudah menentukan jenis mana yang akan kita gunakan. Karena kebutuhan penulis saat ini sedang mengembangkan sebuah sistem embedded, maka prosesor yang dipilih adalah dari jenis ARM embedde cortex processor, yaitu Cortex M3.


    ARM Cortex-­M3


    ARM Cortex-­M3 adalah prosesor dari keluarga ARM Cortex prosesor embedded untuk menggantikan aplikasi mikrokontroler 8­/16­bit. Keunggulan ARM Cortex­-M3 dibandingkan mikrokontroler 8­/16­bit terletak pada :
    • Kemampuan komputasi yang lebih tinggi untuk frekuensi kerja yang sama
    • Konsumsi daya yang lebih kecil atau sama
    • Harga yang lebih murah atau sama
    • Kompatibel dengan ARM Cortex­-M lain (ARM Cortex-­M0, ARM Cortex-­M4). Aplikasi yang di   compile untuk ARM Cortex­-M3 bisa dijalankan di ARM Cortex-­M lainnya. Hal ini berguna untuk     upgrade hardware, tanpa membuang software yang sudah dikerjakan.

Silahkan di share dengan menuliskan sumbernya..

Created by: Rifqi Arridho Abid

0 komentar :

Posting Komentar